Minggu, 18 Mei 2014

Hari Ini, Transjakarta Pulogadung-Bekasi Beroperasi

// // Leave a Comment
JAKARTA, KOMPAS.com - Unit Pengelola (UP) Transjakarta memperpanjang rute transjakarta Koridor II Harmoni-Pulogadung ke Terminal Ujung Menteng, perbatasan Jakarta Timur dan Bekasi. Kepala UP Transjakarta Pargaulan Butar-Butar mengatakan, perpanjangan rute transjakarta itu dimulai Senin ini.

"Bus dan pramudi kami sudah siap. Pengoperasiannya mulai jam 7 pagi," kata Pargaulan kepada wartawan, di Jakarta, Senin (19/5/2014) pagi.

Untuk melayani rute ini, pihak transjakarta baru menyediakan sebanyak lima unit bus single baru. Bus baru itu akan dilengkapi dengan closed circuit television (CCTV), global position system(GPS), announcer, dan display.

Perpanjangan rute ini akan menghubungkan antara halte terminal Pulogadung sampai terminal Ujung Menteng. Akan ada delapan halte dengan panjang jalur sekitar 7,61 kilometer yang dilalui transjakarta tersebut. Sayangnya, lima unit transjakarta itu harus berjalan bergabung dengan kendaraan lainnya. Sebab, belum ada separator dibangun di sana. 

"Jalur ke sana begitu kami cek, ternyata sempit. Pasti risikonya juga lebih besar karena bergabung dengan angkutan lain," kata Pargaulan. 

Selain itu, sedianya, perpanjangan jalur transjakarta ini mencapai halte Bekasi Harapan Indah. Namun, karena halte di sana belum siap dan masih dalam tahap pembangunan, pihaknya baru memperpanjang sampai terminal Ujung Menteng. Melalui perpanjangan rute ini, ia mengharapkan dapat mendorong pengguna kendaraan pribadi pindah ke transjakarta. Terutama bagi warga Pulogadung-Bekasi. 

Apabila strategi perpanjangan rute ini berhasil, maka pihaknya akan menambah unit transjakarta, membangun separator, serta mempercepat proses pembangunan halte Bekasi Harapan Indah. 

"Nanti kalau semuanya sesuai rencana, akan kami diskusikan dengan Dinas Perhubungan dua kota, Jakarta dan Bekasi. Karena pihak UP Transjakarta hanya bertugas mengoperasikan bus saja," ujar Pargaulan. 

Transjakarta Pulogadung-Ujung Menteng akan beroperasional mulai pukul 05:00-22:00 WIB, dengan harga tiket pukul 05:00-07:00 sebesar Rp 2.000 dan pukul 07:00-22:00 sebesar Rp 3.500. Rute ini akan melewati sejumlah halte pemberhentian, yakni terminal Pulogadung, Raya Bekasi KIP, Raya Bekasi Tipar Cakung, United Tractor, Pasar Cakung, Cakung Cilincing, Pulogebang, dan berakhir di Ujung Menteng.

0 komentar:

Posting Komentar